Membuat efek bayangan teks merupakan hiasan dalam olah seni grafik, dimana teks / tulisan akan diberi bayangan layaknya bayangan suatu benda.


Membuat Efek Bayangan Teks
Salam pecinta editing,, Selamat datang kembali untuk mengikuti tutorial photoshop di bas-studio

Jangan kemana-mana, tetaplah bersama saya. hehe..

Membuat efek bayangan teks merupakan hiasan dalam olah seni grafik, dimana teks / tulisan akan diberi bayangan layaknya bayangan suatu benda. 

Ternyata teks / tulisan yang menempel pada kertas juga bisa memiliki bayangan, tentunya dengan didukung kreatifitas sang penulisnya. Untuk membuat efek bayangan teks dengan photoshop, ini bisa dilakukan dengan beraneka cara dan beragam pula bentuknya. Namun dalam kesempatan kali ini saya hanya akan menguraikan Cara Membuat Efek Bayangan Teks dengan langkah dan hasil yang sederhana saja.

Kenapa contoh gambar di atas tulisannya kok blepotan, banyak warna warni begitu? itu karena pada kesempatan yang lalu kita telah mempelajarinya, saya harap teman-teman sudah bisa membuatnya. Bagi yang baru pertama datang mengikuti tutorial ini dan ingin membuat tulisan yang berwarna warni seperti itu silahkan anda pelajari Cara Modifikasi Beragam Warna Teks yang telah tersedia.

Nah, setelah kita bisa memodifikasi teks dengan beraneka warna alangkah lebih menariknya lagi jika kita tambahkan efek bayangan pada teks itu. Menurut saya ini tidaklah sulit untuk dikerjakan, terutama bagi teman-teman yang kesehariannya bergelut dengan photoshop. Tapi bisa jadi juga ini membingungkan bagi teman-teman kita yang baru mengenal photoshop. Jangan hawatir di sini anda tidak akan bingung lagi, karena tutorial yang saya sajikan di blog ini beruntun dan mudah-mudahan bisa membantu anda supaya tidak bingung. 

Sebenarnya yang lebih bingung lagi adalah saya, karena saya harus terus-terusan membuat tutorial yang beruntun, terkadang sampai kehabisan bahan bakar blog. Tahu bahan bakar blog?? Ingin tahu?? baca Bahan Bakar Website Atau Blog. Sedangkan anda tinggal membaca dan mempelajarinya, gratis pula. hehe..

Oke, Berikut Cara Membuat Efek Bayangan Teks :

1. Seperti biasa, buka program photoshop yang teman-teman miliki. Silahkan teman-teman membuat tulisan, mengatur-atur ukurannya atau mengubah-ubah fontnya terlebih dahulu, jika belum tahu caranya bisa lihat di sini. Anggap saja gambar di bawah adalah contoh tulisan yang telah kita buat tadi.    

2. Langkah selanjutnya silahkan klik "Add a layer style" pada menu bawah samping kanan kemudian pilih "Drop Shadow" seperti contoh gambar di bawah. 

3. Maka akan muncul kolom seperti gambar di bawah. Silahkan teman-teman olah sendiri bayangan teksnya sesuai selera masing-masing dengan mengotak-atik tempat yang saya beri kotak merah. Jika bayangan dirasa telah sesuai silahkan klik "OK" dan selesai sudah. Mudah kan??? 

Demikian sedikit langkah mudah mengenai Cara Membuat Efek Bayangan Teks, dan jangan lewatkan tutorial menarik lainnya tentang photoshop di : 

TIPS MUDAH BELAJAR PHOTOSHOP

Terima Kasih, Selamat Mencoba

logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

10 comments:

  1. bagus tutorial cara membuat effect bayangan teks ini.. sangat mudah difahami setiap step nya..

    ReplyDelete
  2. maturnuwun bos totornya, slam kenal..:)
    kalo bingung editing lain kali ta mampir lagi ya boos...:D

    ReplyDelete
  3. wah jadi kelihatan ada variasi nya ya mas pada teks nya apabila di kasih efek bayangan ;)

    ReplyDelete
  4. siap untuk mencoba mas semoga bisa

    ReplyDelete
  5. sudah lama tidak pernah otak atik photosop tutorial ini sangat bermafaat seakan kembali mengingatkan saya dulu awal belajar pothosop
    makasih sharenya biar saya bookmark dulu siapa tahu suatu saat saya membutuhkan tinggal klik :)
    di tunggu postingan selanjutnya

    ReplyDelete
  6. kalau misalnya ada yang nggak pakr photoshop ada nggak mas...kali saja bisa berbagi

    ReplyDelete
  7. makasih tutornya,,,
    bisa dicba ni

    ReplyDelete
  8. kalau foto dikasih efek samping memang tambah keren ya mas ;)

    ReplyDelete