Mengecil dan membesarnya lubang lensa, yang sering juga disebut dengan bukaan lensa inilah yang dinamakan Diafragma lensa pada kamera atau bisa juga dinamakan Aperture. Yang mana diafragma ini berfungsi untuk mengatur sedikit banyaknya cahaya yang dibutuhkan kamera dalam pengambilan gambar.


Mengenal Diafragma Lensa pada Kamera

Salam teman-teman pecinta fotografi..

Tahukah apa itu Diafragma? dan apa fungsinya? 

Di luar sana banyak teman - teman blogger yang berbagi, baik tentang pengalaman blogingnya, pengalaman pragramingnya, pengalaman kisah hidupnya dan lain sebagainya. Tapi di sini saya ingin berbagi tentang fotografi dan inilah manfaat perbedaan, saya dapat belajar hal selain fotografi dari sahabat blogger dan begitu juga sebaliknya. Dengan perbedaan kita bisa saling melengkapi. 


Oke..

Agar lebih mengena dan lebih mudah difahami saya tidak akan menjelaskan panjang lebar tentang arti diafragma, baik menurut bahasa atau istilah. Di sini saya hanya ingin mengenalkan kepada teman - teman blogger pecinta fotografi, apa itu diafragma pada kamera sekaligus fungsinya, yang ternyata selama ini teman - teman blogger belum mengenalnya.

Kita lihat gambar di atas, ini gambar lensa terlihat dari dalam, kita lihat di situ terdapat lubang kecil, yang mana ukuran lubang itu tidak permanen artinya bisa dibesarkan dan dikecilkan sesuai kebutuhan. Lubang inilah yang nantinya bisa mendominasi hasil foto kita jadi gelap atau terang. Lubang ini ibarat mata kita, semakin kecil mata kita terbuka maka semakin buram pandangan kita dan semakin bersar mata kita terbuka maka semakin jelas pandangan kita. Begitu juga dengan kamera kita, semakin kecil lubang lensa itu terbuka maka semakin sedikit cahaya yang didapatkan, semakin gelap pula foto yang kita hasilkan dan semakin besar lubang lensa itu terbuka maka semakin banyak cahaya yang didapatkan, semakin terang pula foto yang kita hasilkan.

Mengecil dan membesarnya lubang lensa, yang sering juga disebut dengan bukaan lensa inilah yang dinamakan Diafragma lensa pada kamera atau bisa juga dinamakan Aperture. Yang mana diafragma ini berfungsi untuk mengatur sedikit banyaknya cahaya yang dibutuhkan kamera dalam pengambilan gambar. 

Sedikitnya cahaya bukan berarti berdampak negatif terhadap hasil foto kita begitu juga sebaliknya, dalam penggunaan diafragma ini kita dituntut untuk bisa memahami kondisi dan suasana objek kita. Sebagaimana mata kita, ketika ada dalam suasana gelap maka kita buka lebar-lebar mata kita agar bisa melihat dengan jelas begitu juga sebaliknya ketika ada dalam suasana silau maka kita rapatkan mata kita agar pandangan kita tidak terlalu silau. 

Pengaturan diafragma pada kamera biasanya ditandai dengan angka bertolak belakang dengan bukaan lensa, yang mana besarnya angka menunjukkan kecilnya bukaan lensa (diafragma) dan kecilnya angka menunjukkan besarnya bukaan lensa (diafragma). Sebagai contoh lihat gambar di bawah ini : 


Mengenal Diafragma Lensa pada Kamera


Adapun detilnya nantikan episode selanjutnya...

logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

26 comments:

  1. gan boleh nanya ga? kamera yg harga standar tapi kualitas bagus itu kamera apa yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe boleh aja. kalau menurut saya Nikon D3000 itu sudah cukup bagus hasilnya juga standar harganya. soal hasil itu juga tergantung bagaimana cara kita menggunakan kamera tersebut. terimakasih mbk

      Delete
    2. Betul banget mas punya kamera bagus juga kalo gak bisa cara penggunaanya yang benar tentu hasil jepretaanya gak maksimal, yang lebih baik itu kameranya bagus si penggunanya juga mahir tentu hasilnya juga maksimal hehehe

      Delete
    3. D3000 kira-kira harganya berapaan sekarang sob...???? Bulan gini momennya pas buat foto-foto :)

      Delete
  2. Makasih sob bisa tambah pengetahuan ane!

    ReplyDelete
  3. jadi tambah ilmu nih sob tentang diafragma lensa
    (o)

    ReplyDelete
  4. Kalau diafragma nya mengecil seperti itu atau sebaliknya hasil gambarnya bagaimana???apa sama saja atau setengah atau gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. diafragma tidak berpengaruh pada ukuran gambar tapi pada cahaya (gelag/terang) nya gambar.

      Delete
  5. ilmu baru untuk saya berkaitan diafragma lensa camera..

    ReplyDelete
  6. like this ... kang... saya baru tahu sistem kerjanya lensa kamera kayak gtuh ... berarti kayak pupil mata kita ya ...

    ReplyDelete
  7. Mengenal pengginaan pada diafragma lensa akan mempermudah kita menentukan hasil pengambilan gamabar foto yang akan kita akukan ya Mas ? Hm.... jadi lebih tahu dan banyak belajar di blog ini.

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih, kalau mas minat kita bisa join agar bisa saling tambah pengalaman

      Delete
  8. oalah ternyata lubang kecil itu yang mempengaruhi gelap terangnya hasil foto nya ya mas.. hehehe. baru tau saya mas...??

    ReplyDelete
  9. ilmu yg bermafaat.... boleh dijadikan rujukkan...... nice info 4 all

    ReplyDelete
  10. Wah terimakasih banyak sob atas share nya ya. Sangat bermanfaat untuk saya. Salam :)

    ReplyDelete
  11. jadi nambah ilmu, thanks telah berbagi sob

    ReplyDelete
  12. Bermanfaat banget nih buat yang suka fotografi, makasih sudah berbagi ilmu :)

    ReplyDelete
  13. Terima kasih banyak yaaa atas sharenya ..
    Walau ini bukan bidangku chan tidak ada salahnya aku membaca tentang kegunaan diafragma lensa..

    ReplyDelete
  14. Nah ini nih ilmu yang saya baru tahu..maksih sharingnya dan salam sukses buat adminnya...

    ReplyDelete