Membuat efek hitam putih, memahami indahnya foto hitam putih dan mengetahui cara membuatnya


membuat efek hitam putih
foto oleh Bas_Studio

Senang rasanya dapat terus berbagi, mudah-mudahan kita senantiasa diberikan kelapangan dalam segala hal baik rizki, ilmu, pengalaman maupun yang lainnya sehingga kita dapat terus dan terus saling berbagi, karena dengan kita saling berbagi keseimbangan hidup ini akan terus tercapai.

Adapun berbagi tidak terbatas hanya pada rizki bisa ilmu, bisa pengalaman, bisa juga yang lainnya. Nah untuk kali ini saya tidak bisa berbagi rizki [kaya pernah berbagi rizki aja] pernah sih tapi bukan di sini tempatnya, hehe. Namun di sini saya hanya akan berbagi sedikit pengalaman saya tentang fotografi, yakni tentang membuat efek hitam putih.

Membuat Efek Hitam Putih

Foto tidak selamanya harus memakai warna dasar yang sering kali dikenal juga dengan istilah sRGB/RGB dalam fotografi, foto dengan efek hitam putih pun kini memiliki kesan dan daya tarik tersendiri yang tak kalah menariknya. Disamping kesan klasiknya foto dengan efek hitam putih juga terkadang bisa terlihat lebih indah ketimbang aslinya. Seperti foto di atas, foto ini saya ambil di pagi hari yang cerah tepatnya di bawah pohon mangga yang sangat rindang dengan begitu banyak kotoran/sampah di bawahnya dan dikelilingi semak belukar yang lebat. Foto ini jika saya ambil dengan warna aslinya mungkin akan terlihat menjijikkan juga sorot cahaya mentari pagi yang menembus sela-sela dedaunan itupun tidak bisa nampak seperti itu. Alhamdulillah dengan saya membuat efek hitam putih tempat yang kotor, kumuh juga menjijikkan itu tampak lumayan indah dan menarik. Sampah yang menjijikkan tampak seperti runtuhan daun biasa, sorot cahaya mentaripun bisa lebih timbul atau lebih nampak dengan memakai efek hitam putih ini.

Adapun cara membuat efek hitam putih ini tidaklah sulit dan saya yakin kita semua pun sering kali memakainya. Namun tidak ada salahnya juga saya bahas sekalian cara membuat efek hitam putih ini sekedar untuk berbagi sama yang belum mengetahuinya. Untuk membuat efek hitam putih kita bisa melakukannya dengan dua hal yakni dengan setingan kamera juga bisa dengan memakai software seperti photoshop misalnya.

Membuat efek hitam putih dengan setingan kamera

Untuk membuat efek hitam putih secara langsung kita bisa menyeting kamera kita dengan setingan hitam putih sebelum kita melakukan pengambilan gambar, dengan mengubah setingan efek warna menjadi gray atau monochrome Kecanggihan teknologi pada saat ini benar-benar dapat memudahkan kita dalam melakukan segala hal, termasuk dalam hal fotografi. Kamera pada saat ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan setingan sehingga dapat memudahkan kita dalam pengambilan gambar yang sesuai dengan keinginan kita, membuat efek hitam putih misalnya. Hampir seluruh kamera bahkan HP terjelekpun yang penting ada fasilitas kameranya disitu sudah ada pengaturan hitam putihnya, jadi tidak susah lagi untuk membuat efek hitam putih ini, tinggal mengubah pengaturannya, jadi deh.

Membuat efek hitam putih dengan memakai software

Disamping kita dapat membuat efek hitam putih secara langsung yakni dengan mengaktifkan setingan hitam putih yang ada pada kamera, kita juga dapat membuatnya dengan memakai software, photoshop misalnya. Kita dapat mengubah foto yang tadinya kita ambil dengan warna dasar atau warna aslinya menjadi hitam putih dengan menggunakan gradient map atau black & white yang ada pada photoshop dan keuntungan memakai photoshop ini kita bisa mengubah-ubahnya sesuai dengan keinginan kita.


logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

16 comments:

  1. Wah, postingan yg menarik.

    Btw, ada gak mas postingan yg membahas photoshop?

    ReplyDelete
  2. lewat photoshop juga dapat memperbaiki kekurangan saat pengambilan gambar ya mas. kalau tampilannya hitam putih kayak itu jadi terkesan klasik :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar tu kang tapi kalau bisa ya diusahakan dengan yang terbaik dari hasil asli jepretan kita.

      Delete
  3. Pengambilan view gambar yang oke dengan spot yang cantik. Mantap. (h)

    ReplyDelete
  4. Waahhh bas sekarang lebih jago sal ngeblog n photografi...
    Enskan pakai software kalii..
    Chan kita bisa lihat aslinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha kaya ayam aja pake jago segala. meskipun gitu alexa rank saya masih kalah jauh sama mbk muya. itu berarti mbk muya lebih jago dong. hehe

      Delete
  5. wah asyik juga ya kalau gambar bisa di buat efek hitam putih. Jadi mirip seperti gambar photo jagul ya mas. Luar biasa. Bisa dicoba nich tutorialnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan luar biasa mbk tapi biasa diluar, hehe
      monggo dicoba mbk..

      Delete
    2. kalau biasa di luar, apalagi di luar rumah, nanti malah masuk angin mas soalnya kedinginan musim hujan hehehehe :D

      Delete
    3. tenang aja mbk, namanya aja kan udah biasa jadi ya udah kebal gitu. hehe

      Delete
  6. Klasik dan terkesan alami seperti foto lama dengan gaya baru gitu ya mas
    kadang saya melihat foto baru dibuat klasik dan hasilnya memang indah

    ReplyDelete
  7. Kebanyakan saya pakai software photoshop mas!

    http://problogiz-tech.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. Kayak foto eyang aku dulu.
    Hitam putih, so classic

    ReplyDelete