Letusan gunung kelud berdampak hujan abu vulkanik, karena letusan ini tidak hanya mengeluarkan larva tetapi juga pasir, kerikil dan juga abu vulkanik.


Letusan Gunung Kelud Berdampak Hujan Abu Vulkanik

SALAM PECINTA FOTOGRAFI

Apa kabar semua?? semoga dalam keadaan baik, sehat dan tetap dapat menjalankan aktifitas sehari - hari dengan lancar. amin . .    

Indonesia adalah negara yang dikelilingi oleh gunung, dari sekitar 190 gunung yang ada di Indonesia 80 diantaranya masih tergolong gunung aktif, yang mana gunung - gunung ini sewaktu waktu bisa meletus. Setelah gunung merapi yang ada di magelang meletus di tahun 2010 kemudian gunung sinabung yang ada di makasar mengeluarkan larvanya di akhir tahun 2013.

Belum juga usai kesedihan atas tragedi gunung sinabung kini disusul lagi dengan adanya letusan gunung kelud. Sebagaimana kabar yang telah kita terima dari berbagai media baik dari tv, koran, internet maupun yang lainnya bahwa gunung kelud yang ada di wilayah perbatasan kediri - blitar,  jawa timur telah meletus pada hari kami (13/02/2014). Letusan gunung kelud kali ini berbeda dari letusan sebelumnya, letusan yang terjadi pada jam 22:50 ini lebih dahsyat dari pada letusan yang terjadi pada tahun 2007, sehingga dampaknya tidak hanya dirasakan oleh masyarakat kediri dan sekitarnya saja tetapi hampir seluruh wilayah di pulau jawa ikut merasakannya.

 

Sesuai dengan berita yang disiarkan di salah satu stasiun tv swsata, kawah gunung kelud tidak lagi berisi air seperti tahun tahun sebelumnya, tetapi berisi bebatuan. Dari adanya hal itu letusan gunung kelud kali ini diperkirakan akan berbeda, maka pemerintahan kediri menetapkan jarak aman sejauh 10 km dari puncak gunung.  

Letusan gunung kelud berdampak hujan abu vulkanik, karena letusan ini tidak hanya mengeluarkan larva tetapi juga pasir, kerikil dan juga abu vulkanik. Saking dahsyat dan tingginya abu vulkanik yang disemburkan dari kawah gunung tersebut akhirnya mengakibatkan hujan abu, disertai adanya hembusan angin yang cukup kencang hujan abu ini tidak hanya terjadi pada wilayah kediri dan sekitarnya saja melainkan menyebar hampir di seluruh pulau jawa termasuk wilayah jawa tengah dan jawa barat.

 

Sejenak mari kita renungi kejadian ini, coba bayangkan jika gunung yang meletus itu ada disekitar rumah kita, terkena serpihan abu saja mata kita terasa sakit, melihat foto di atas coba bayangkan bagaimana rasa sakitnya jika tubuh kita terbakar oleh larva itu?? dan bagaimana juga jadinya jika seluruh gunung aktif yang ada di Indonesia ini meletus secara bersamaan?? 

 

>> Mengetahui tragedi - tragedi gunung meletus di atas apa yang dapat kita ambil manfaatnya??

>> Bagaimana perasaan serta tanggapan anda atas tragedi ini??

 


LETUSAN GUNUNG KELUD BERDAMPAK HUJAN ABU VULKANIK

    
Terima Kasih, Semoga Bermanfaat

logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

25 comments:

  1. Aku tadi sempat dengar dri temanku mengenai berita ini...
    Yeah semoga saja musibah ini cepat berlalu Aamiiin

    ReplyDelete
  2. Berita Meletusnya Gunung kelut ini menyebar kemana-mana yah Mas Bas
    Termasuk di blog Mas ini, saya hanya bisa dengar namun deburan getarnya
    Tidak terasa mungkin saking Jauh, saya tinggal di Jawa Barat. nice post
    Turut Prihatin aja saya Mas. semoga tidak ada Korban Jiwa Amin :)

    ReplyDelete
  3. Pasti ini sebuah teguran untuk bisa dijadikan renungan mas dibalik musibah pasti akan ada keindahan tercipta

    ReplyDelete
  4. Kenapa ya akhir-akhir ini alam mulai tidak bersahabat dengan manusia?
    berbagai bencana terjadi di negeri kita.. Gunung meletus, banjir bandang, kebakaran dan masih banyak lagi..semuanya meninggalkan duka yg sangat mendalam bagi yang mengalaminya..

    Salam kenal gan

    ReplyDelete
  5. Itu Foto nya emang beneran ya mas... Wihhhh

    ReplyDelete
  6. Kenapa gunungnya tidak di bor ya mas, supaya gunungnya tidak aktif lagi seperti gunung LAWU, yang tadinya gunung merapi tetapi sekarang sudah tidak aktif lagi, karena sudah di bor di bagian kaki gunung, jadi gunungnya mempunyai pori-pori agar kawah lahar tidak terkumpul dan supaya tidak mengakibatkan letusan seperti gunung kelud dan sinabung...

    ReplyDelete
  7. saya menonton berita ini di tv.. pasti ada hikmahnya kejadian musibah ini.. semoga semua mangsa terus tabah dan bersabar menghadapi ujian ini..

    ReplyDelete
  8. Letusan Gunung kelud berdampak hujan abu vulkanik yang juga menyebakan di beberapa kawaan temapt wisata dan obyek wisata yang ada di daerah Jawa Timur, dan Jawa Tengah di tutup ya Mas.

    Salam

    ReplyDelete
  9. mengerikan mas untung aj saudara saya gak ad yang dekat am gunung kelud nick pos

    ReplyDelete
  10. Mudahan tidak ada letusan susulan, ya...

    ReplyDelete
  11. Semua musibah pasti ada hikmahnya gan..

    ReplyDelete
  12. semoga ini adalah letusan bencana yang terkahir dari sinabung dan kelud.. amin :)

    ReplyDelete
  13. iya daerah saya juga terkena abu vulkanik mas. Capek juga nih bersihin lantai yang terkena debu hmmm :)

    ReplyDelete
  14. termasuk daerah saya tu sob yg trkena dmpaknya..
    tp gpp lh kita jd ikut merasakan apa yg di rasakan korban gunung kelud dan sinambung.. :)

    ReplyDelete
  15. semoga dengan cobaan yang terjadi menjadikan kita lebih bersabar atas musibah yang menimpa negri ini

    ReplyDelete
  16. tetap waspada dan jaga kesehatan ya mas soalnya abu vulkanik bisa membahayakan kesehatan kita :)

    ReplyDelete
  17. di kota saya hujan abu sudah mulai hilang, semoga pengungsi dalam keadaan baik-baik saja..

    ReplyDelete
  18. Terimakasih banyak sob atas segala bantuanya. Izinkan saya follow blog nya. Kalau nggak keberatan, mohon follow back ya. Di tunggu www.tersexy.com

    ReplyDelete
  19. banyak dampak yang dihasilkan oleh erupsi gunung ya mas, selain abu vulkanik, ada juga lahar dingin, awan panas, dll. Jadi harapannya, masyarakat bisa lebih waspada kalau ada erupsi mengingat bahaya nya sangat besar sekali :)

    ReplyDelete
  20. daerah saya juga terkena hujan abu ini sob, parah banget soalnya tebel banget abu nya sampai 2 meter. Hehehe :D
    thanks sob atas informasinya :)

    ReplyDelete