Hasil Panen Kacang Di Wilayah Kabupaten Lamongan tahun 2014 bisa dibilang sangat baik, dengan kesabaran dan ketelatenan para petaninya.


Hasil Panen Kacang Di Wilayah Kabupaten Lamongan

Hasil Panen Kacang Di Wilayah Kabupaten Lamongan

Beberapa tahun yang lalu, petani khususnya di wilayah kabupaten Lamongan jawa timur gagal bertanam dikarenakan adanya berbagai kendala termasuk musim yang kurang baik, entah karena tidak stabilnya hujan yang turun ke bumi atau apa yang pasti tanaman mereka baik padi, jagung, kacang dan lain sebagainya pada waktu itu terserang berbagai macam penyakit hingga pada akhirnya meraka gagal bertanam, bahkan sebagian ada yang tidak menuai panen sedikitpun. Petani adalah sosok pejuang yang kuat serta hebat namun tidak begitu terlihat jasa-jasanya, beras menjadi nasi yang merupakan makanan pokok kita sehari-hari adalah salah satu hasil jerih payah mereka yang patut kita hargai, coba bayangkan bagaimana jadinya jika para petani tidak lagi mau bertanam?? Meskipun berkali-kali petani mengalami kegagalan dalam bertanam tidak ada sedikitpun kata putus asa di benaknya, mereka tetap terus berjuang dan berusaha dalam bertanam untuk menuai hasil panen yang lebih baik, hingga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bersama.

Sejenak mari kita ulas proses bertanamnya para petani kacang yang ada di wilayah kabupaten Lamongan ini. Setelah beberapa tahun yang lalu mereka mengalami kegagalan dalam bertanam, di akhir tahun 2013 mereka berusaha untuk memperbaiki hasil tanaman kacangnya. Sebelum datangnya musim hujan, mereka mengolah ladang dengan membajak tanah dan memberinya pupuk alami berupa kotoran hewan (sapi, kambing, ayam ternak) dan lain sebagainya dengan harapan tanah bisa subur ketika ditanami kacang. Disamping mengolah tanah agar siap ditanami mereka pun menyiapkan bibit kacang yang hendak ditanamnya, dalam menyiapkan bibit kacang ini mereka harus memilih bibit kacang yang baik (unggul), ada yang memakai bibit kacang hasil panennya pada tahun sebelumnya ada juga yang beli di toko-toko penyedia bibit kacang, tentunya dengan memilih bibit kacang yang unggul. Setelah musim hujan tiba, mereka berduyun-duyun pergi ke ladang untuk bertanam, dalam bertanam pun mereka sangat akur, satu sama lain saling membantu agar pekerjaan tidak terasa berat dan dapat selesi dengan cepat. Setelah proses bertanam selesai tinggallah menunggu waktu tumbuhnya, ketika kacang telah tumbuh petani pun tidak membiarkannya begitu saja. Dengan kesabaran dan ketelatenan mereka merawatnya, memupuk serta membuang rumput yang dapat mengganggu pertumbuhan kacangnya. Butuh kurang lebih 3 bulan untuk menunggu hasil panen, hari berganti hari mereka selalu merawat tanaman kacangnya dengan baik dan didukung dengan musim hujan yang baik pula akhirnya tibalah waktu mereka untuk menuai panen.     

Awal tahun 2014 ini merupakan awal tahun yang baik bagi para petani kacang di wilayah kabupaten Lamongan khususnya di dusun Cumpleng kecamatan Brondong. Syukur alhamdulillah mereka menuai hasil panen kacang yang melimpah ruah, hingga bisa dibilang Hasil Panen Kacang Di Wilayah Kabupaten Lamongan sangat baik untuk tahun ini.

Setelah kacang dipanen masih ada satu lagi proses, yakni proses pengeringan. Kenapa harus dikeringkan? karena jika tidak dikeringkan atau dibiarkan basah maka kacang itu akan tumbuh lagi didalam kulitnya dan jika itu terjadi maka kacang tidak laku dijual. Kendala bagi petani di wilayah kabupaten Lamongan dalam proses panen kacang ini adalah proses pengeringan kacang tersebut. Dalam proses pengeringan, terik matahari yang begitu menyengat sangat dibutuhkan oleh para petani kacang. Namun seiring musim hujan, mereka mengalami kesulitan dalam menjemur kacangnya, sering kali mereka dikelabuhi oleh hujan, disaat terik matahari begitu menyengat mereka mencoba untuk menjemur kacangnya, seperti foto ibu di atas. Baru saja ia menjemur kacangnya karena melihat terik matahari yang cukup baik tapi setelah semua kacang dijemur tiba-tiba langsung datang mendung, lalu dikumpulkan lagi dan ditutupi karena takut kacangnya kehujanan, begitulah seterusnya. Namun dengan sabar dan telaten akhirnya kacang pun berhasil dikeringkan dan laku untuk dijual.



Terima Kasih, Selamat Membaca

logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

14 comments:

  1. 4 jempol buat artikelnya bang, setuju sekali PETANI bisa dikatakan pahlawan yang tidak pernah gugur dalam peperangan, badai sekeras apapun mereka akan hadapi demi untuk mencukupi kebutuhan kita semua.

    ReplyDelete
  2. Hasil panen kacang di wilayah kabupaten lamingan tentu dapat mebuahkan hasil yang maksimal bagi kehiduapan masyarakatnya ya Mas, walau banyak rintangan yang menghampiri dalam kehidupan mereka tetap semangat.

    ReplyDelete
  3. Selamat malam Mas Bas, sukses deh buat panen Kacangnya Mas
    Petani di Kota Lamongan, giat dan tekun ya dalam tanam palawija
    S alut deh, sukses buat Pahllawan Petani palawija. nice artikelnya Mas :)

    ReplyDelete
  4. wah sudah mulai panen ya, smeoga panennya melimpah

    ReplyDelete
  5. Meski abu vulcanic masih ada panen juga tetap berjalan..selamat saja ya mas...karena masih diberikan banyak rezeki

    ReplyDelete
  6. semoga tetap diberi hasil yang melimpah dan mendapatkan banyak untung mas

    ReplyDelete
  7. Yeah petani sering tidak terlihat jasanya...
    Sebenarnya kita harus saling menghargai karena petani dan yang lainnya saling membutuhkan satu sama lain..
    Menurut penuturan di atas tentang perjuangan menjadi petani aku bisa merasakannya bas
    Bahkan langsung terasa karena aku juga seorang petani

    ReplyDelete
  8. Benar-benar luar biasa, mungkin ini juga bisa dijadikan bisnis menarik dalam bidang agraria ya mas, terima kasih

    ReplyDelete
  9. syukur alhamdulillah ya mas bisa hasil panen nya dengan bagus. Pasti mahal nih kacang nya :)
    jangan lupa makan-makan nya di tunggu ye hehe :D

    ReplyDelete
  10. pekerjaan petani adalah tugas mulia ya mas, tanpa kerja keras mereka kita akan mati semua :D tapi kalau di daerah kecamatan bulak watu lamongan jrg ada kebun kacang, adanya tambak :)

    ReplyDelete
  11. Panen yang melimpah tanda
    kerja keras para petani berbuah manis ya mas...
    Moga membawa berkah dan mengangkat kesehteraan nya :)

    ReplyDelete
  12. banyak kali tu kacang sob emang dapat berapa ton panen nya

    ReplyDelete