Hoby, Alat, Kemampuan adalah hal penting yang perlu dimiliki oleh seorang fotografer


Hal Penting Yang Perlu Dimiliki Seorang Fotografer

Salam pecinta fotografi, semua saja tanpa terkecuali. Jumpa lagi dalam fotografi, apa kabar semua?? semoga tetap ceria serta dapat menjalankan aktifitas keseharian masing-masing dengan lancar. Amin . .

Fotografer merupakan profesi yang bergelut dalam bidang seni fotografi dan juga merupakan suatu profesi yang mudah sekali untuk digapai. Fotografer dapat dilakukan oleh semua kalangan (siapa saja) karena untuk menjadi fotografer tidak melalui antrian pendaftaran layaknya pegawai kantoran, disamping itu juga tidak dibutuhkan ijazah atau lulusan perguruan tinggi tertentu. Meskipun begitu, ada Hal Penting Yang Perlu Dimiliki Oleh Seorang FotograferNah, kali ini saya akan coba menguraikannya dengan pemahaman serta pengalaman saya pribadi dan lagi-lagi mohon maklum sebelumnya jika apa yang saya tulis nanti tidak sesuai dengan pendapat anda.

Hal Penting Yang Perlu Dimiliki Seorang Fotografer 

meliputi :

Hoby, merupakan suatu kecenderungan atau kesukaan terhadap hal tertentu. Seseorang cenderung merasa ringan dan tekun mengerjakan sesuatu jika pekerjaan itu adalah hal yang disukainya dan seseorang cenderung merasa berat juga malas mengerjakan sesuatu jika pekerjaan itu adalah hal yang tidak disukainya apalagi dibencinya. Anda suka menolong orang, anda suka mengobati orang yang lagi terluka maka akan tumbuh keinginan untuk menjadi seorang dokter, segala upaya akan anda lakukan dan mahalnya biaya tidak lagi menjadi masalah buat anda. Begitu juga dengan fotografi, berangkat dari sebuah hoby yang kita miliki maka akan tumbuh sebuah keinginan untuk menjadi seorang fotografer.

Alat, setelah kita punya keinginan untuk menjadi seorang fotografer yang ditumbuhkan dari sebuah hoby maka kita harus memiliki alat, dalam hal ini adalah kamera. Bagaimana kita mau memotret kalau kita tidak punya kamera, apapun jenisnya kamera merupakan kebutuhan primer bagi seorang fotografer, untuk melihat jenis-jenis kamera bisa lihat Koleksi Kamera. adapun peralatan bantu lain seperti flash, tripod dan sejenisnya merupakan kebutuhan skunder yang bisa kita miliki belakangan. Kenapa Alat saya dahulukan dari pada kemampuan?  Menurut pengalaman saya, alat (kamera) lebih penting karena dengan memiliki kamera kita dapat memompa kemampuan dengan sendirinya, terutama bagi fotografer otodidak seperti saya ini. Dengan bekal kamera yang ada kita bisa belajar sendiri mengoprasikannya, mengotak-atik setingannya dan juga belajar cara-cara memotret yang baik, tentunya diiringi dengan mencari pengalaman dari teman yang lebih memahaminya.

Kemampuan, disamping hoby dan jika kita sudah punya kamera maka akan tumbuh keinginan untuk bisa memakainya (mengoprasikannya). Seperti yang kita tahu, fotografi adalah sebuah seni dan seni merupakan suatu keterampilan maka kemampuan yang perlu dimiliki oleh seorang fotografer di sini adalah trampil. (i) trampil dalam mengoprasikan kamera (i) trampil dalam tata cara memotret (i) trampil dalam memperbaiki hasil jepretan dan lain sebagainya, yang mana kesemua itu bisa kita kembangkan secara otodidak maupun formal (kursus).


Tidak harus memiliki hal yang begitu tinggi, Jika seseorang telah memiliki tiga hal ini : Hoby, Alat, Kemampuan yang saya rangkai dalam satu kata [HAK] maka dia berhak untuk menjadi seorang fotografer. 



Terima Kasih, Semoga Bermanfaat

logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

33 comments:

  1. kagum dech sama sang fotografer, karena bukan hanya tehnik memegang kamera yang harus diperhatikan,tetapi bidikan yang jitu dan tepat agar menghasilkan suatu karya foto yang berkualitas,
    nah kalau saya boro-boro tahu tentang fotografer,megang kameranya saja belum paham cara gunainnya,,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau udah punya kameranya kan tinggal belajar mbk. hehe

      Delete
  2. pengen juga nih bisa jadi foto grafer, sayang nya saya nggak punya alat dan juga nggak punya skill nya mas. Kalau hobby foto-foto sih iya hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. fakta membuktikan bahwa foto mbk Ririn yang pake kaca mata bagus sekali, itu berarti mbk Ririn sudah menjadi fotografer yang handal. hehe

      Delete
  3. Setuju mas kalau ketiganya bersatu tentu saja bisa membuat sesuatu yang berbeda

    ReplyDelete
  4. He he he..saya juga suka jadi fotografer gan..Sayangnya alatnya gak ada..Mau yang murah kualiti photonya gak berapa bagus..Mahal gan..Skill rasanya boleh digilap kan??he he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang kendala seorang fotografer ada pada alat gan, kalau pengen punya kamera yang bagus harus banyak menguras kantong. tapi gak apalah yang penting skillnya. hehe

      Delete
    2. buat mbk Indah idem dong kalau begitu. hehe

      Delete
  5. kalau saya mungkin baru sekedar hobinya kang yang saat ini ada, alat dan kemampuannya belum hehe....
    cuma pakai kamera hape dan asal jepret menggunakan hape saja untuk dokumentasi...
    kepingin sih menghasilkan karya foto yang lebih bagus dengan alat yang lebih bagus juga, tapi sampai saat ini belum kesampaian hehe *malah curhat

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita bisa belajar dari kamera hp mas dan itu bisa dikembangkan dengan kemauan yang kita miliki..

      Delete
  6. Saya kira tips tips ini keren sekali dan sangat bermanfaat bagi pemula seperti saya yang baru belajar Fotografi. Untuk alatnya sendiri sih saya masih menggunakan kamera poket atau saku. Itu saja sudah membuat saya senang sekali hihihihihihih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus deh kalau gitu dan itu bisa dikembangkan lagi dengan terus belajar..

      Delete
  7. Replies
    1. ya dilihat kelasnya dulu dong, kalau cuma sekedar hoby saja saya kira gak mahal kita bisa pake yang murah-murah saja kan. hehe

      Delete
  8. yang paling penting mesti punya kamera canggih mas, atau minimal rada canggih hehehe, biar layak disebut fotografer :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bisa itu lebih bagus mbk, tapi dengan kamera butut pun bisa jadi fotografer kok. hehe

      Delete
  9. kalau modal dengkul, kira-kira bisa nggak mas jadi fotografer ehehe :D
    misalnya kamera nya pinjem, hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. justru dengkul itu modal utamanya fotografer mbk, coba kalau gak ada dengkul kan gak bisa kemana-mana. hehe

      Delete
  10. Dari yg pernah saya baca tentang profilnya
    Banyak Fotograper terkenal..justru berawal dari sekedar hobi ya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas dan semua hal akan terasa nikmat jika berawal dari hoby..

      Delete
    2. wah kebetulan banget nih saya juga hobby nya foto-foto mas hehehe :D

      Delete
    3. wah mbk Ririn ikut-ikutan saja. hehe

      Delete
  11. fotografer..
    hmm.. harus modal model nggak nih mas?hehehe
    nyewa model gitu..

    kunjungan perdana mas..
    follback ya zon-go.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya begitulah kira-kira. gimana kalau masnya yang jadi mdel, siap gak kira-kira?? hehee

      Delete
    2. wah.. saya sih siap mas.. cuma muka saya yang nggak siap aja..harus pake kamera 360 drajat nih biar ketampanan saya terpancart..hahaha

      terimakasih follbacknya.
      salam sukses selalu..

      Delete
  12. saya baru nyampe tahap 2 niih, kemampuannya belum adaa hehe..
    belajar terus ahh dr sini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe monggo mbk, kita bisa belajar bareng..

      Delete
  13. objeknya jg ga kalah penting ya mas, nah biasanya tuh masih banyak fhotografer yang ga punya feel..
    tapi kenapa ya, aura fhotografer mah keren aja gtu ,. tapi rumor yang bilang fhotograper playboy bner ga ya > hihihihi cuma nanya lho ya :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau yang jadi fotografer itu mbk iin mah enggaklah tapi kalau saya iya. hehee

      Delete
    2. kalau saya suka nya foto orang mas daripada foto pemandangan alam hehehe. Gimana tuh :D

      Delete
    3. berarti mbk Ririn termasuk fotografer playgirl. hahaha

      Delete
  14. harga kamera dslr mahal banget sob, belum sempat kebeli-beli.

    ReplyDelete