Kembali lagi ke photoshop, apa kabar semua? semoga tetap ceria.. Disamping kita dapat mengedit foto, dengan photoshop kita juga dapat membuat berbagai desain tulisan diantaranya adalah tulisan dengan warna emas yang biasa disebut dengan "Teks Gold" yang bisa juga kita hiasi dengan efek kerlipan semacam bintang-bintang kecil. Namun sebelumnya perlu diketahui bahwa hasil dari pembuatan teks gold dan efek kerlipan ini sangatlah berfariasi, dari sekian banyaknya tutorial photoshop tentu contoh yang dibuat tidaklah sama namun kemungkinan besar langkah-langkahnya hampir sama dan yang perlu anda pahami di sini adalah langkahnya bukan hasilnya. Perlu dicatat juga bahwa dalam bermain photoshop kita jangan hanya bisa meniru hasil karya orang lain, kita tidak akan pernah bisa berkembang kalau kita hanya meniru, artinya kita harus bisa menciptakan karya sendiri dengan sekedar mencontoh karya orang lain. Tulisan di atas adalah mencontoh karya orang lain yang kemudian saya kembangkan dengan kreasi saya sendiri, saya yakin tidak ada yang menyamainya, mungkin ada yang lebih bagus dan mungkin juga ada yang lebih jelek, dan saya harap anda bisa membuat jauh lebih bagus dari tulisan di atas.


Berikut 

Cara Membuat Teks Gold dan Efek Kerlipan Dengan Photoshop

Untuk membuat sebuah tulisan tentu dibutuhkan halaman baru / papan dasar / canvas. Mohon maaf di sini tidak saya beri contoh gambar cara membuat halaman baru karena jika saya berikan gambar secara detil akan terlalu banyak menghabiskan halaman. Yang saya fokuskan di sini adalah membuat tulisannya. Karena cara membuat halaman baru sudah pernah saya tulis, maka bagi yang belum bisa silahkan pelajari di sini

1. Anggap saja kita sudah membuat halaman baru dengan ukuran persegi panjang. Perhatikan gambar di bawah, untuk membuat tulisan silahkan klik pada menu samping kiri yang saya beri tanda anak panah dan klik pada halaman yang telah kita buat tadi kemudian silahkan menulis / mengetik apa saja terserah anda

2. Untuk mengubah bentuk huruf perhatikan gambar di bawah, silahkan klik pada menu yang saya beri tanda anak panah berwarna merah kemudian cari bentuk huruf pada menu yang saya beri tanda anak panah berwarna biru.

3. Anggap saja ini adalah bentuk huruf yang kita pilih, langkah selanjutnya adalah pemberian warna pada tulisan yang telah kita buat tadi. Sebenarnya pemberian warna ini bisa dilakukan pada langkah nomor 2 tapi karena warna yang kita butuhkan adalah warna yang berfariasi artinya tidak cukup hanya dengan satu warna saja maka kita akan menggunakan gradient. Perhatikan gambar di bawah, klik pada menu bawah samping kanan yang saya beri tanda anak panah (Add a layer style) kemudian pilih Gradient Overlay.

4. Maka akan tampil seperti gambar di bawah, mohon maaf gambar tampak pecah, sengaja saya perkecil ukuran dan resolusinya untuk mengurangi berat loading blog. Bagian yang agak ribet adalah pemberian warna, maka dari itu dalam hal ini kita harus jeli dan lebih kreatif. Untuk membuat berbagai macam fariasi warna teks kita bisa menggunakan bagian ini, perhatikan gambar di bawah, kita klik tempat yang saya beri tanda anak panah berwarna merah maka akan muncul kolom bawahnya, kalau kita ingin menggunakan warna gradient secara otomatis maka kita bisa pilih beberapa bentuk warna yang telah tesedia di situ kemudian langsung klik OK tapi jika kita kurang puas dan ingin membuatnya sendiri kita bisa merubahnya dari satu sisi ke sisi yang lain, klik tempt yang saya beri tanda anak panah berwarna orange kemudian klik pada anak panah warna biru maka akan muncul kolom disampingnya, silahkan pilih warna pada anak panah warna putih dan klik OK, kemudian klik pada anak panah warna hijau untuk merubah sisi yang lain dengan langkah yang sama seperti tadi. Agak ribet memang, saya sarankan anda jangan takut mencoba silahkan anda otak atik sendiri sehingga anda bisa. 


5. Jika berhasil maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini

6. Setelah pembuatan warna selesai tinggallah kita memberikan efek kerlipan dan beberapa hiasan agar sedikit tampak lebih menarik. Untuk memberikan kerlipan ini jika di photoshop anda sudah ada maka tinggal ikuti contoh gambar di bawah tapi jika belum ada anda bisa download dulu di sini dan langsung instal, jika sudah kembali lagi ikuti contoh gambar di bawah.


Mohon maaf dan mohon maklum jika penjelasan saya kurang jelas, sebenarnya masih begitu banyak yang perlu diketahui dalam membuat teks gold ini karena saking ribetnya. namun untuk menguraikannya di media ini sangatlah tidak memungkinkan, anda bisa mengembangkannya melalui sedikit petunjuk-petunjuk tadi dan  jika anda kurang puas silahkan datang ke rumah saya dan akan saya tunjukkan secara langsung biar tidak sama-sama ribet. hehee

Terima Kasih, Semoga Bermanfaat 


logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

11 comments:

  1. Wow!!! Terima kasih banyak gan!!! dari dulu ditunggu-tunggu

    ReplyDelete
  2. Woowww tulisan saja ada yang emas ya bas.. Cantik lagi ditambah dengan kerlap kerlip.
    Aku mau niru cara dari bas sajalah untuk mainin photosop kalau aku sudah punya PC

    ReplyDelete
  3. kunjungan malam mas bro....
    numpang minum kopi ya...

    ReplyDelete
  4. Bagus samplenya. Saya baru kali ini dengar tutornya, bisa tutor manipulasi wajah tentara nggak?

    ReplyDelete
  5. kalau mahir photoshop semua jadi mudah ya sob saya juga ingin belajar nih

    ReplyDelete
  6. Sudah saya coba mas dan alhamdulillah berhasil, nanti mau saya share di artikel saya

    ReplyDelete
  7. wah jadi makin tambah keren ya mas kalau foto/image ada efek kerlip-kerlip nya. Jadi image nya makin terlihat cantik dan menarik. IZin belajar dulu mas tentang tutorial ini :)

    ReplyDelete
  8. info nya sangat membantu mas soal nya saya belum paham kali sama photoshop salam sukses

    ReplyDelete
  9. cantik hasilnya bekerdip begitu... terima kasih sahring tutorial ini.. boleh saya mencubanya nanti.. :D

    ReplyDelete
  10. Keren Mas Bass jadinya. Bisa bikin bentuk yang lainnya ya ? Trims sharingnya.

    Salam

    ReplyDelete