Wisata Gunung Merapi MagelangWisata Gunung Merapi Magelang

Indonesia adalah negara yang kaya raya, karena kesuburan tanahnya kebanyakan masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani, mulai dari ladang sampai perkebunan, mulai dari buah sampai berbagai sayur dapat ditemukan di negara ini. selain terkenal dengan kesuburan tanahnya, Indonesia juga terkenal dengan gunungnya. Banyak gunung - gunung besar dan aktif terdapat di negara ini, salah satunya adalah Gunung Merapi.

Wisata Gunung Merapi Magelang

Gunung Merapi adalah salah satu gunung aktif yang ada di Indonesia tepatnya di magelang jawa tengah, yang kini juga merupakan salah satu wisata besar di sana. Gunung merapi ini setiap harinya mengeluarkan gumpalan - gumpalan asap yang sangat tebal sehingga bila dilihat dari bawah, puncak gunung merapi ini seperti di atas awan. Selain mengeluarkan asap, gunung yang tingginya ribuan kilo meter ini juga mengeluarkan pasir sehingga banyak masyarakat di sekitarnya bekerja sebagai pengangkut pasir.

Wisata Gunung Merapi MagelangSelain sebagai pengangkut pasir, masyarakat sekitar gunung merapi juga bekerja sebagai petani bermacam - macam tanaman dapat tumbuh dengan baik di sekitar gunung tersebut, sayuran bahkan buah-buahan seperti salak dapat berkembang dengan baik, masyarakat sekitar pun hidup dengan damai dan serba kecukupan.

Wisata Gunung Merapi Magelang

Wisata Gunung Merapi MagelangTapi bukan kehidupan namanya kalau tidak ada cobaan, kedamaian dan kesejahteraan masyarakat sekitar gunung merapi juga tidak selamanya berjalan dengan baik, selain menghasilkan tanah yang subur gunung merapi juga merupakan wabah / bencana yang bisa menghancurkan alam sekitarnya. Gunung yang aktif ini merupakan bom waktu yang bisa meledak kapan saja. Ledakan - ledakan itu bisa terjadi sekitar 2 sampai 5 tahun sekali. Seperti beberapa tahun yang lalu sekitar bulan oktober 2010, gunung yang megah itu mengeluarkan asap panas dan menyemburkan larva yang menghanguskan segala yang ada di sekitarnya. Ledakan yang terjadi selama kurang lebih 5 hari itu telah menyisakan korban, banyak orang yang kehilangan harta benda, keluarga, bahkan nyawa dalam peristiwa tersebut. 

Wisata Gunung Merapi Magelang

Meskipun demikian dahsyatnya dan ganasnya gunung merapi tidak menyurutkan niat penduduk sekitar untuk kembali ke rumah mereka masing - masing. Setelah gunung merapi dinyatakan tenang dan kembali normal, mereka pun kembali dan menata kehidupan mereka seperti semula. Mereka menganggap gunung merapi adalah kehidupan mereka, harta mereka, dan kawan mereka meskipun terkadang akan menjadi musuh mereka. Mereka percaya bahwa Allah menciptakan gunung merapi bukan untuk dijahui akan tetapi untuk dimanfaatkan dan sebagai simbul akan kebesaran Tuhan (Allah SWT). 

 

Wisata Gunung Merapi MagelangKet.

Foto ini lanjutan dari foto musium gunung merapi. Buat yang pengen lihat - lihat foto musium gunung merapi bisa dilihat di sini Foto ini saya ambil dengan trik yang sama dan kondisi yang hampir sama juga, yakni tanpa menggunakan flash dan hanya menggunakan pengolahan diafragma saja. Supaya kita tetap mendapatkan gambar yang jelas meskipun dalam suasana yang agag gelap, kita dapat menambah bukaan lensa (diafragma) dengan penyesuaian kondisi dan suasana yang ada. 


logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

21 comments:

  1. dibalik misteri keangkeran gunung merapi ternyata tersimpan keindahan yg menakjubkan ya mas :)
    benar2 fotografer yg luar biasa, makasih sahrenya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul itu mbk,,

      biasa aja mbk, saya juga masih belajar. dengan berbagai pengalaman bisa kita jadikan ilmu. bukannya begitu mbk? hehe

      Delete
    2. Sangat Indah dan Menajubkan Mas Bas hasil jepretan Photo nya
      Sangat Indah yah ternyata Gunung Berapi dari Dekat. [-(

      Delete
  2. View pemandangan pegunungan merapi yang indah.

    Salam

    ReplyDelete
  3. Saya kira gunung berapi sekarang bukanlah musuh bagi kita, coba kalau nggak ada gunung berapi, pasti lava sewaktu-waktu dapat muncul dibelakang rumah kita.

    http://masdidiwirawan.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul juga itu mas, bener" pemikiran yang cerdas

      Delete
  4. Pengambilan gambar no 3 saya suka mas..
    Biar bagaimana pun gunung berapi seperti itu sudah menjadi tempat trnyaman buat masyarakat sekitar dan orang2 yg menyukai pemandang sprti itu (saya mksdnya hehe) :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau emang suka boleh diambil mas, gratis tanpa dipungut biaya. hehe

      Delete
  5. Hmmm aku lihat fto hasil jepretan bass yang begityu cantik..
    Gunung berapi ini walau ada di jawa tengah..
    Tapi aku belum pernah melihatnya eee..
    Teenyata begituuu indah

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah gimana tho mbk kok kalah sama saya, saya yang dari jawa timur aja udah pernah ke sana. hehe

      Delete
  6. Setelah terjadi letusan maka keindahan yang terlihat
    meski disaat merapi sedang marah dan dia banyak memuntahkan lahar panas dan menurunkan bala tentara wedus gembel tapi setelah semua berakhir merapi tetap indah....apalagi ditambah dengan pengambilan gambar yang sangat kreatif

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok iiiiso ae ono wedus gembel barang. hahaa

      Delete
  7. setiap yang Allah ciptakan itu pasti ada hikmahnya..

    ReplyDelete
  8. Selamat Malam Mas Bas. keren artikel Gunung Merapinya
    Indah dan mempesona, namun stelah meletus bagaimana tuh
    Ceritanya Mas Bas? :-?

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat malam juga mas Saud. cerita setelah gunung merapi meletus ya itu tu, gunung merapi kembali tampil dengan penuh keindahan dan kesuburan buat lingkungan sekitarnya.

      Delete
  9. saya kebetulan pernah berkunjung di ketep pas untuk melihat gunung api merapi, tapi pas waktu itu tertutup sama kabut / awan tebal sehingga nggak kelihatan deh gunung nya hehehe :D
    jadi pengen kesana lagi deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau siang emang gak kelihatan mbk gunungnya tapi kalau pagi kelihatan kok. waktu saya di sana pun begitu sekitar jam 6 - jam 8 masih nampak bagus mskipun banyak kabut dan asap, tapi skitar jm 9 gk tau kenapa gunungnya gak kelihatan.

      Delete
    2. wah kalau jam 6 pagi ya pasti dingin banget mas kesana nya hehehe soalnya kan daerah gunung. Berarti kalau mau kesana, perlu nginep dulu kali ya biar bisa lihat gunung merapi soalnya tempat saya agak jauh sih hehehe :D

      Delete
  10. mampir tempat saya bang dikit lagi sampe kabupaten purworejo tuh hehehe

    ReplyDelete