cara membuat halaman baru di photoshop, cara menentukan ukuran canvas di photoshop


Menentukan Ukuran Canvas Baru pada Photoshop ini sama halnya dengan kita menentukan page layout pada program microsoft office word, yang mana itu bisa dilakukan sebelum pengetikan maupun sesudahnya. Begitu juga pada photoshop, kita dapat menentukan ukuran canvas sebelum melakukan berbagai pengeditan foto maupun sesudahnya. Canvas pada photoshop merupakan suatu halaman dimana kita dapat mewujudkan aneka ragam kreasi atau melakukan berbagai macam pengeditan foto di dalamnya misalnya dengan menggabungkan beberapa foto menjadi satu dalam bentuk yang sudah dimodifikasi dan dihiasi, atau juga yang lainnya. Ini sama halnya dengan entri yang ada pada blog dimana kita dapat membuat berbagai macam artikel, mengupload gambar, video dll di dalamnya yang kemudian dipublikasikan.

Menentukan ukuran canvas pada photoshop ini sangat penting ketika berniat untuk dicetak yakni untuk menyesuaikan kreasi atau pengeditan foto yang telah kita lakukan dengan hasil cetaannya, kita ambil contoh ketika kita menginginkan foto dicetak dalam ukuran 10RS maka kita harus membuat canvas dalam ukuran 10RS agar pengeditan foto sama dengan hasil cetakannya. Lain halnya kalau cuma sekedar buat pajangan di komputer atau narsis di dunia maya, kita dapat melakukannya dengan suka - suka tanpa harus ada ukuran - ukuran yang ditentukannya. 

Adapun langkah - langkah menentukan ukuran canvas baru pada photoshop sebagai berikut :

1. Buka program photoshop yang teman - teman miliki

2. Klik File, pilih  New atau bisa juga dengan tekan "Ctrl" + "N". lihat gambar di bawah

Menentukan Ukuran Canvas Baru pada Photoshop
gambar 1

3. Kemudian akan tampil seperti gambar di bawah, yang saya beri tanda anak panah berwarna merah adalah 'bentuk ukuran' jika milik teman - teman masih dalam bentuk pixels atau yang lainnya ganti saja dengan cm (ini untuk mempermudah kita dalam membuat ukuran), dan yang saya beri tanda anak panah berwarna biru adalah 'angka ukuran' silahkan tentukan ukuran sesuai selera teman - teman setelah itu klik "OK" (contoh ukuran yang saya buat di sini adalah ukuran 10RS). Ini masih berkaitan dengan materi Membuat Ukuran Foto dengan Crop Tool pada Photoshop, yang belum tau dan masih penasaran bisa dipelajari terlebih dahulu di sini 

Menentukan Ukuran Canvas Baru pada Photoshop
gambar 2

Gambar di bawah adalah canvas baru yang telah kita buat dengan ukuran 10RS dalam bentuk landscape / mendatar.

Menentukan Ukuran Canvas Baru pada Photoshop
gambar 3

Kita dapat melihat ukuran canvas yang telah kita buat tadi dengan klik kanan pada tempat yang saya beri tanda anak panah dan pilih Canvas Cize

Menentukan Ukuran Canvas Baru pada Photoshop
gambar 4

Akan muncul tampilan seperti gambar di bawah. Nah, di sini kita dapat mengatur kembali ukuran yang telah kita buat jika kita ingin mengubahnya

Menentukan Ukuran Canvas Baru pada Photoshop
gambar 5

Saya sertakan sedikit gambar gabungan dari beberapa foto dijadikan satu dalam bentuk yang akan di modifikasi dan dihiasi sekedar sebagai contoh. Kita dapat memasukkan beberapa foto sekaligus dalam photoshop yang mana beberapa foto ini akan kita gabungkan jadi satu. Lihat gambar di bawah, yang saya beri kotak merah adalah beberapa foto yang akan digabungkan jadi satu dalam kotak biru (kotak biru adalah canvas yang tadi kita buat).

Menentukan Ukuran Canvas Baru pada Photoshop
gambar 6

Yang pada akhirnya menjadi seperti gambar di bawah, ini adalah contoh gambar modifikasi dari beberapa foto yang dijadikan satu dalam ukuran 10RS yang mana bila dicetak akan sama sebagaimana yang ada tanpa terpotong atau tergeser sedikitpun. Adapun cara menggabungkan beberapa foto jadi satu nantikan postingan selanjutnya..

Menentukan Ukuran Canvas Baru pada Photoshop
gambar 7

logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

12 comments:

  1. Bagus juga kalau menggabungkan foto menjadi satu. tapi saya masih kurang rapih. jadi saya tunggu cara selanjutnya mas.

    ReplyDelete
  2. Wah tambahan ilmu yang bermanfaat tentang photoshop. terima kasih banyak telah berbagi

    ReplyDelete
  3. Dari hp juga sedikit bisa tapi pasti tidak serapi dari laptop

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah berarti hpnya udah canggih banget mbk. hehe

      Delete
  4. wah ternyata canvas baru bisa di setting ya mas ukuran nya. Jadi bisa lebih tepat ya ukuran gambar nya. Bisa dicoba nih tutorialnya. Thanks ya mas atas share nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentu saja mbk, hehe. thanks kembali..

      Delete
  5. tutornya mantap, saya baru belajar jadi sangat bermanfaat, makasih sob :)

    ReplyDelete
  6. Trims bas sudah menjelaskan dan memberi contoh menentukan ukuran kanvas
    Tapi hpku kurang bagus nggk bisa edit fto lewat photoshop

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak apa mbk,, melihat foto-foto mbk udah kreatif banget kok ngeditnya. hehe

      Delete