Cara membuat ukuran foto di photoshop, Cara crop foto di photoshop


Sering kali saya jumpai banyak teman - teman yang pandai mengedit foto dengan photoshop misalnya mengubah warna, mengganti backround, menghiasi dengan bingkai dan lain sebagainya, tapi sedikit saya jumpai teman - teman yang bisa membuat ukuran fotonya. Ukuran foto memanglah tidak begitu penting kalau foto tersebut tidak berniat untuk dicetak tapi untuk menghindari hal - hal yang tidak diinginkan misalnya terpotongnya foto yang tidak sesuai dengan keinginan kita dan sebagainya maka ukuran foto ini sangatlah penting jika foto tersebut hendak dicetak, karena memang dalam  aturan percetakan adalah "foto harus mengikuti ukuran bukan ukuran yang mengikuti foto". Adapun membuat ukuran foto dalam photoshop bisa dilakukan dengan berbagai cara diantaranya adalah dengan menggunakan "Crop Tool" atau sering juga disebut dengan "Croping". 

Crop Tool / Croping merupakan cara membuat ukuran foto dengan mudah sekali dan biasanya digunakan untuk membuat ukuran foto yang tanpa pengeditan lebih lanjut misalnya mau digabung - gabungkan dengan foto lain terlebih dahulu, dan sebagainya.

berikut rangkaian  

Membuat Ukuran Foto dengan Crop Tool pada Photoshop

1. Buka program photoshop yang teman - teman miliki

2. Buka file / gambar yang akan dibuatkan ukurannya, bagi yang belum bisa buka file / gambar silahkan lihat petunjuk cara  membuka file dalam photoshop

Di bawah ini adalah contoh foto yang telah terbuka dan siap dibuatkan ukurannya

Membuat Ukuran Foto dengan Crop Tool pada Photoshop

3. Klik kanan pada rulers yang saya beri tanda anak panah, lihat bentuk ukurannya jika masih dalam bentuk pixels atau yang lainnya ganti saja dengan centimeters (ini untuk mempermudah kita membuat ukuran)

Membuat Ukuran Foto dengan Crop Tool pada Photoshop

4. Klik Crop Tool pada menu samping kiri yang saya beri tanda anak panah

Membuat Ukuran Foto dengan Crop Tool pada Photoshop

5. Silahkan tentukan ukuran pada menu atas yang saya beri tanda anak panah.

     Keterangan : width = lebar | height = tinggi

contoh ukuran foto yang saya buat di sini adalah ukuran 3 X 4

Membuat Ukuran Foto dengan Crop Tool pada Photoshop

6. Setelah menentukan ukurannya silahkan drak dan geser sesuai keinginan teman - teman pada foto yang mau diambil ukurannya, setelah itu klik kanan dan klik Crop. Selesai

Membuat Ukuran Foto dengan Crop Tool pada Photoshop

7. Setelah pekerjaan selesai jangan lupa menyimpannya. bagi yang belum bisa menyimpan file / gambar dalam photoshop bisa lihat petunjuknya di sini.

demikian sedikit uraian tentang Membuat Ukuran Foto dengan Crop Tool pada Photoshop. Dan jangan lewatkan tutorial menarik lainnya tentang photoshop di : 


logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

14 comments:

  1. makasih gan, udh berasa kursus nih :) hehee

    ReplyDelete
  2. wah kayaknya gampang ni gan.
    langsung paham gan, makasih ya

    ReplyDelete
  3. Mantab mas,, sudah saya coba dan berhasil :-bd

    ReplyDelete
  4. Kadang2 kenapa foto editan kalau di cetak nggak jadi ya mas atau yang nyetak nggak pandai

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut pengalaman saya, kalau emang foto itu bener" dicetak selama alat cetaknya tidak rusak entah jelek atau bagus hasilnya foto itu tetap jadi mbk. cuma saja terkadang percetakan tdak mau nyetak karena editannya yang gak karu-karuan.

      Delete
  5. saya sangat tertarik trik ini mas :D kebetulan saya sedang belajar photoshop namun berhenti krn bingung sendiri, hehehe :) makasih sharingnya saya jadi semangat belajar lagi nich :) belajar dari yg mudah dulu ya mas :)

    ReplyDelete
  6. owh jadi tool crop itu fungsi nya untuk potong-potong gambar/foto ya mas. Saya malah baru tahu nich. Bisa dicoba nih tutorialnya :)
    thanks atas share nya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget mbk itu. hehe, sama-sama..

      Delete
  7. Membuat ukuran fto dengan crop tool pada photoshop bisa membantu kita juga ya mas.

    Salam

    ReplyDelete