Cara mengubah / merubah warna foto dengan photoshop, cara mengganti warna foto di photoshop


Pernahkah teman - teman mengalami ketidak puasan terhadap warna foto hasil jepretan sendiri? Pernahkah teman - teman punya foto yang warnanya tidak sesuai dengan selera teman - teman?  

Foto identik dengan warna, dari itu bagus tidaknya sebuah foto dinilai dari kombinasi warnanya. Namun perlu diketahui bahwa kemampuan setiap fotografer juga kapasitas kamera tidaklah sama maka setiap kali pengambilan gambar yang kita lakukan pun terkadang tidak sama hasilnya, ada kalanya settingan kamera yang kurang tepat atau juga karena cara pengambilan gambarnya yang kurang pas dan bisa juga karena memang kapasitas kameranya yang sangat terbatas. Sehingga warna foto dari hasil jepretan kita terkadang tidak sesuai dengan keinginan kita karena warna yang kita dapatkan tidak sama seperti aslinya misalnya warnanya jadi kekuning-kuningan, kemerah-merahan, kebiru-biruan atau yang lainnya. Tapi teman - teman tidak usah hawatir karena kekurang puasan terhadap warna foto hasil jepretan kita masih dapat diperbaiki dengan menggunakan photoshop. Di sini saya akan coba sedikit uraikan Cara Mengubah Warna Foto dengan Photoshop dengan harapan dapat membantu teman - teman yang belum mengetahuinya. Adapun untuk mengubah warna foto dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaranya dengan menggunakan Color Balance.

Color Balance merupakan salah satu menu dalam photoshop yang biasanya digunakan untuk mengubah - ubah warna foto. Kita dapat menggunakannya ketika kita mendapati warna foto yang tidak sesuai dengan selera kita atau kita juga dapat menggunakannya untuk memodifikasi warna foto dengan efek - efek warna tertentu. Untuk menggunakan Color Balance ini sangatlah mudah sekali, berikut langkah - langkahnya :

1. Seperti biasa buka program photosop lalu masukkan foto yang ingin diubah warnya. Gambar di bawah adalah contoh warna foto kekuning - kuningan yang akan kita ubah dengan warna natural (standar) 

Cara Mengubah Warna Foto dengan Photoshop

2. Klik Image, klik Adjustments lalu pilih Color Balance, lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah atau lebih mudahnya bisa tekan "Ctrl" + "B"

Cara Mengubah Warna Foto dengan Photoshop

3. Kemudian sesuaikan warnanya sesuai keinginan teman - teman dengan mengubah - ubah yang saya lingkari dengan garis warna merah pada gambar di bawah, setelah yakin dan mantap dengan warna pilihan teman - teman silahkan klik "OK". Selesai sudah dan jangan lupa menyimpannya.

buat yang belum bisa menyimpan file dapat dipelajari dulu di sini. 

Cara Mengubah Warna Foto dengan Photoshop 

Berikut contoh warna foto kekuning - kuningan yang telah kita ubah dengan wana natural (standar). Mudah sekali bukan ?? hehe

Cara Mengubah Warna Foto dengan Photoshop


demikian sedikit yang bisa saya uraikan tentang

Cara Mengubah Warna Foto dengan Photoshop

logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

14 comments:

  1. fotoshop emang hebat, tapi sampai saat in saya kurang bisa sob :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe,, mungkin itu karena belum sering memakainya sob.

      Delete
  2. pasti karena saya kalau jepret hasilnya
    tetep tak sama dengan yang asli makanya kadang malas ambil gambar

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan bisa diperbaiki dengan photoshop mbk. hehee

      Delete
  3. Bas makin pinter yaa..
    Tolong donk edit ftoku biar warnanya jadi pas..
    Aku nggak bisa buka photoshop kok :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. foto yang mana mbk?? bawa sini tak edite.. hehee

      Delete
  4. saya sangat memerlukan ilmu ini krn sering memotret tapi hasilnya gak sesuai dgn yg diharapkan :D
    warna gambar yg kusam bisa dibikin jernih dan cerah ya mas jika kita tahu caranya :)
    makasih tipsnya ^^

    ReplyDelete
  5. ternyata menggunakan photoshop amat mudah ya.. sehingga kini saya tidak pandai menggunakan photoshop.. untuk edit gambar selalunya saya hanya menggunakan photoscape sahaja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang mudah mbk, tergatung pada kebiasaan program yang kita pakai.

      Delete
  6. Datang lagi melihat cara edit warna gambar photoshop

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau mbk Muya semangat seperti ini saya pun jadi semangat deh. hehee

      Delete
  7. wah ternyata bisa di ubah-ubah ya mas warna gambar nya. Jadi keihatan cerah ya foto nya. Sangat menarik sekali kalau saya bisa mengoperasikan potoshop :)

    ReplyDelete