cara menghindari foto kabur (blur). Menjaga keseimbangan tangan, Mengaktifkan Fitur Stabilizer, Menggunakan tripod, remote shutter release dan fitur Timer.


Foto Kabur,

Foto kabur yang saya maksud dalam hal ini adalah hasil foto yang goyang atau tidak fokus, foto kabur sering kali kita jumpai dari hasil kamera HP maupun kamera digital, dan yang menjadi pertanyaan di sini adalah kenapa hasil foto kita bisa kabur atau goyang? lalu bagaimana cara kita menghindarinya?

Di bawah nanti akan kita bahas penyebab dan bagaimana Cara Menghindari Foto Kabur.

Cara Menghindari Foto Kabur (blur)

Berbicara tentang foto tentu kita suka ketika melihat foto yang bagus, indah dan enak dipandang, begitu sebaliknya spontanitas kita tidak suka ketika melihat foto yang tidak bagus apa lagi tidak enak dipandang. Foto yang bagus biasanya pertama kali dinilai dari segi kefokusan foto tersebut sedangkan foto yang tidak bagus pertama kali dinilai dari ketidakfokusan foto tersebut.

Sejenak mari kita bedakan kedua foto di atas :

Di sebelah samping kanan adalah foto yang fokus, foto ini termasuk kategori foto bagus meskipun tidak begitu bagus karena disamping gambarnya jelas dan tajam foto ini juga enak dipandang meskipun tidak enak dimakan hehee.. artinya pandangan kita tidak terganggu ketika melihatnya.

Di sebelah samping kiri adalah foto yang kita bahas saat ini, yakni foto yang goyang atau tidak fokus yang kita sebut dengan foto kabur.. foto ini termasuk kategori foto tidak bagus karena disamping gambarnya tidak jelas dan tidak tajam pandangan kita pun terganggu ketika melihatnya bahkan bisa bikin kepala pusing. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab foto kabur seperti ini, diantaranya adalah Keseimbangan Tangan dan Setingan Kamera. Tangan yang bergerak atau gemetar saat kita mengambil sebuah gambar adalah penyebab utama foto kita menjadi goyang, selain itu setingan kamera yang kurang tepat juga bisa menjadi penyebab foto kita tidak fokus dan pada akhirnya nanti akan memberikan hasil foto yang tidak bagus alias kabur. 

Nah, agar foto kita bisa bagus, tetap tajam dan tidak kabur coba mari kita ikuti tips di bawah ini :

Cara Menghindari Foto Kabur (blur) 

  • Menjaga keseimbangan tangan, ini merupakan cara paling dasar dan termurah untuk menghindari hasil foto yang kabur (blur). Ini sangat penting bagi para pecinta fotografi yang sering kali jepret sana jepret sini tanpa bantuan alat tambahan sedikitpun seperti tripod misalnya. Pastikan kondisi tangan kita tidak bergerak atau gemetar saat pengambilan gambar berlangsung, sedikit saja tangan kita bergerak atau gemetar maka kemungkinan besar gambar yang kita dapatkan tidak bisa fokus alias kabur. Apapun jenis kamera yang kita pakai usahakan tangan kita yang menjadi kunci utama untuk mendapatkan hasil foto yang bagus, yakni dengan menjaga kesetabilan tangan kita. Disinilah pentingnya menjaga keseimbangan tangan karena ini menyangkut fokus dan tidaknya hasil pengambilan foto yang kita lakukan.

  • Mengaktifkan Fitur Stabilizer, ini merupakan cara lanjutan untuk menghindari hasil foto yang kabur. Teknologi kamera digital pada saat ini telah mengenal fitur stabilizer yang akan membantu menstabilkan komponen kamera dari getaran atau gerakan kecil. Pada saat ini ada dua jenis teknologi stabilizer, yaitu yang ditanamkan pada lensa seperti fitur IS (Image Stabilizer) pada Canon dan VR (Vibration Reduction) pada Nikon. Dan yang ditanamkan pada body kamera seperti pada body kamera Olympus dan Sony Alpha. Periksa lensa dan kamera kita apakah ada fitur seperti ini dan kemudian aktifkan. Namun perlu diingat fitur ini bekerja dengan efektif ketika kamera dipegang dengan tangan (handheld), apabila ditaruh di bidang solid atau menggunakan tripod fitur ini malah tidak bekerja dengan baik. Sekali lagi cek manual lensa dan body kamera untuk lebih memahami fitur ini pada peralatan fotografi milik kita.

  • Menggunakan tripod, remote shutter release dan fitur Timer. cara yang ini agak ribet juga mahal karena kita harus mengatur setingan ini setingan itu disamping itu juga kita butuh biaya tambahan untuk memiliki alat ini. Alat fotografi yang sudah sangat dikenal ini membantu kamera berada dalam posisi stabil selama proses pengambilan gambar. Apabila kita menggunakan pilihan shutter speed yang lambat maka tripod cukup membantu agar kamera tidak shake selama shutter terbuka. Pada contoh ekstrem ketika menggunakan pilihan shutter speed yang sangat lambat, maka sudah semestinya ketika menggunakan Tripod maka seharusnya kita menggunakan remote shutter release atau paling tidak dengan menggunakan fitur Timer di kamera kita. Kenapa? Mari kita asumsikan, kita menggunakan shutter speed 30 detik, maka kita tentu perlu menggunakan tripod agar selama 30 detik tersebut kamera berada dalam keadaaan statis. Namun yang kita lakukan setelah memilih shutter speed kita menekan tombol shutter dengan menggunakan jari, hal ini akan berakibat terjadi vibrasi pada kamera karena terjadi kontak fisik dengan jari yang menekan shutter. Karena itu disarankan kita menggunakan remote shutter release (alat untuk menekan tombol shutter tanpa menyentuh kamera) baik yang wireless atau wired. Apabila kita tidak memiliki alat ini, cara termudah adalah dengan menggunakan fitur Timer di kamera sehingga kita tidak perlu menekan tombol shutter. Dengan demikian tidak terjadi vibrasi yang diakibatkan jari kita menekan tombol di kamera.


logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

9 comments:

  1. Terimakasih mas

    ini psti brmanfaat buat kami

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bang ini sangat membantu kami mempelajari teknik memotret yang bagus

      Delete
  2. tipsnya mantap mas

    terimakasih psti bermanfaat

    ReplyDelete
  3. gmna cranya mas agr tangn q gk gemetar saat pegang kamera, msalahnya q ni orngnya grogian gt.??

    ReplyDelete
  4. Tips yang baus Kang dalam menghindari hasil pengambilan foto yang kabur atau buram.

    Salam,

    ReplyDelete
  5. Wah kalau foto nya kabur, sulit juga ya mas untuk mengejarnya hehehe :D
    Kayaknya perlu minta bantuan polisi nich hehehe :D

    ReplyDelete
  6. keren nih cuman ane kgak paham tentang edit mengedit poto ginian :D goooooood job dah

    ReplyDelete
  7. sangat cocok buat orang yang belajar kayak saya nih sob :D

    ReplyDelete
  8. saya waktu pas mau photo tangan selalau gemeteran,, hehe bagaimna tuh solusinya :D

    ReplyDelete