Kali ini saya akan coba uraikan Cara Mencerahkan Foto dengan Photoshop yang dapat kita gunakan ketika kita mengalami hasil jepretan yang gelap


Cara Mencerahkan Foto dengan Photoshop

Salam teman - teman pecinta fotografi..

Keseimbangan pencahayaan adalah hal terpenting dalam fotografi, karena keseimbangan tersebut sangat berpengaruh pada gelap dan cerahnya hasil jepretan yang dilakukan. Seperti yang telah kita ketahui bahwa kemampuan setiap fotografer dan kapasitas kamera tidaklah sama maka dari itu stiap hasil foto pun tidak sama, dan mungkin yang sering kali dialami di sini adalah hasil foto yang gelap

Kali ini saya akan coba uraikan Cara Mencerahkan Foto dengan Photoshop yang dapat kita gunakan ketika kita mengalami hasil jepretan yang gelap. Namun alangkah lebih baiknya kita evaluasi terlebih dahulu kenapa hasil jepretan kita bisa jadi gelap??


Banyak faktor yang menyebabkan foto jadi gelap diantaranya adalah  :


Tempat atau obyek yang gelap, foto yang gelap biasanya dihasilkan karena pengambilan foto dilakukan dalam tempat yang gelap, ini sangat berpengaruh sekali, dengan adanya cahaya yang kurang memadai dan kemampuan kamera yang terbatas otomatis foto yang kita dapatkan hasilnya gelap.

Setingan kamera yang kurang pas, lagi - lagi setingan kamera? iya, memang setingan kamera adalah faktor utama penentu hasil foto kita, pandai tidaknya kita menyeting kamera itu juga sangat berpengaruh pada hasil jepretan kita. Tempatnya sudah gelap setingan kamera pun kurang pas lengkap sudah deh gelapnya foto kita. hehe 

Setelah kita mengetahui penyebab foto jadi gelap maka langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah menghindarinya, misalnya dengan mencari tempat yang tidak terlalu gelap atau menyeting kamera dengan olah pencahayaan yang cukup jika dalam suasana tempat yang gelap. Tapi jika hasil foto kita masih gelap juga atau teman - teman sudah terlanjur punya foto yang gelap dan ingin mencerahkannya  kita bisa mengolahnya dengan photoshop

Adapun cara untuk mencerahkan foto dengan photoshop sangatlah beragam, langkah yang saya berikan di sini adalah dengan menggunakan "Levels" berikut langkah - langkahnya :

1. Seperti biasa buka program photoshop dan masukkan foto yang akan dicerahkan 

Cara Mencerahkan Foto dengan Photoshop

2. Klik "Image", klik "Adjustments" dan pilih "Levels" lebih jelasnya lihat gambar di bawah atau lebih mudahnya bisa dengan tekan "Ctrl" + "L"

Cara Mencerahkan Foto dengan Photoshop

3. Kemudian akan tampil seperti gambar di bawah, silahkan olah kecerahannya sesuai keinginan teman - teman pada tempat yang saya beri kotak berwarna merah, setelah teman - teman menentukan kecerahannya silahkan klik "OK" selesai sudah.

Cara Mencerahkan Foto dengan Photoshop

dan jangan lupa menyimpannya, 

materi - materi terkait tentang photoshop yang belum teman - teman ketahui ada di bagian  

Tips Mudah Belajar Photoshop pada sidebar samping kanan  

 

berikut contoh foto yang telah kita cerahkan, mudah bukan??? hehe

Cara Mencerahkan Foto dengan Photoshop



demikian sedikit uraian yang dapat saya berikan tentang


Cara Mencerahkan Foto dengan Photoshop

logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

16 comments:

  1. Yaaa bas..
    Tempat yg gelap mempengaruhi kecerahan juga
    Makanya aku kalau foto cari sinar matahari. Kalau nggak lampu
    Biar cerah hasilnyaa..
    Soalnya aku nggak bisa mencerahkan lewat photoshop hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan tentu saja faktor kualitas camera menentukan hal ini. betul gak sih?

      Delete
    2. kala mbk muya yang difoto ya tetep cerah hasilnya emang dasar orangnya udah cerah. hehe


      camera memang menentukan tapi bisa juga diimbangi dengan kemampuan pemotretnya, mas sarofudin.

      Delete
    3. hehehe kalau soal photografer saya nyerah deh. hehehe kalah sama agan hehehe

      Delete
  2. Terasa seperti di tempat aslinya ya mas ...salut deh

    ReplyDelete
  3. Selamat Malam Mas BASS Ijin simak artikel Cara mencerahkan Fotonya nih
    saya kurang Paham dengan Photoshop ijin belajar di artikel ini yah Mas? makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dengan senang hati, monggo mas Saud..

      Delete
  4. aku bisa cuma cerahin pake prog. dr microsoft itu looh..hhi
    ntar nyoba ahh di sotosop, hehe makasih yaa^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan jangan lupa dihabisin ya sotonya. hehe

      Delete
  5. bermanfaat sekali sharingnya mas, saya seringkali memiliki hasil jepretan yg kurang cerah karena berbagai faktor :D
    ternyata dimodifikasi di photoshop bisa cerah ya :)
    makasih tipsnya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbk, monggo dimodifikasi lewat photoshop. hehe
      sama-sama mbk..

      Delete
  6. Permainan dengan photosphop selalu memberikan solusi yang mantap, apalagi dalam menyelarasakn pencahayaan dari gelam kecerah ya Mas, namun biasanya kalau baru-baru bisa kurang macing penyeimbangan warnanya yang natural. Tapi kembali kepada seninya juga sih. he,, he,, he,,,

    Salam,

    ReplyDelete
  7. siap, nanti tak coba belajarnya hehehe

    makasih :)

    ReplyDelete