Friday, January 17, 2014

Menggunakan Diafragma Dalam Pengambilan Gambar

foto musium gunung merapi

Ini adalah foto musium gunung merapi yang ada di kota magelang, foto ini saya ambil pada tanggal 22 Desember 2013 (baru saja kemaren) bersama rombongan rihlah asatidz Bina Anak Sholeh Tuban yang mengadakan tour di lokasi gunung merapi. 

foto musium gunung merapi 

Foto ini saya ambil dalam ruangan musium gunung merapi yang suasananya agak gelap tapi tidak terlalu gelap, dan banyak pengunjung yang melihat - lihat  isi musium ini. Foto ini sengaja saya ambil dengan tanpa menggunakan alat bantu pencahayaan apapun yakni [flash] misalnya, dengan tujuan agar tidak mengganggu pengunjung lain yang sedang asyik menikmati pemandangan yang ada di musium ini. 

foto musium gunung merapi 

foto musium gunung merapiDengan banyaknya kilauan cahaya yang berasal dari kamera kita, orang-orang sering kali terganggu saat menikmati pemandangan di sekitarnya, maka dari itu hendaknya kita mematikan flash untuk sementara dan menggunakan diafragma  dalam pengambilan gambar di suasana seperti ini. Selama masih bisa hendaknya kita menggunakan diafragma saja tidak usah memakai flash dalam pengambilan gambar tersebut, agar tidak mengganggu dan terkesan mengintimidasi orang - orang di sekitar kita. 

 

foto musium gunung merapiDiafragma akan selalu berfungsi selama tempat pengambilan gambar tersebut tidak terlalau gelap, dengan penyeimbangan diafragma yang tepat maka gambar yang kita ambil akan tetap bagus meskipun tanpa menggunakan flash. Flash kita gunakan hanya ketika kita benar - benar tidak mampu lagi menyeimbangkan diafragma dikarnakan tempat dan suasana yang terlalu gelap. Dalam hal ini jika ada yang belum tahu apa itu diafragma bisa dibaca Mengenal Diafragma Lensa.

foto musium gunung merapi 

foto musium gunung merapiAdapun penggunaan diafragma disini saya tidak bisa mematok ukuran, harus memakai seginikah atau segitu. Karna menurut saya dalam penggunaan diafragma ini kita harus benar - benar peka terhadap cahaya, seberapa banyak dan seberapa sedikitnya cahaya yang ada dalam tempat yang mau kita ambil gambarnya, dengan begitu kita bisa menyeimbangkan seberapa besar dan seberapa kecil diafragma yang kita butuhkan. 

 

Perlu diketahui bahwa ada dua hal lagi yang sebenarnya tidak bisa ditinggalkan dalam penggunaan diafragma ini karena begitu erat dan melekatnya layaknya aku dan dikau yang begitu saling membutuhkan, hehe.

Apakah dua hal itu? 

[ ISO dan Shutter Speed ] 

kita nantikan postingan selanjutnya..

Terima Kasih Semoga Bermanfaat

33 komentar

Selamat malam Mas Bass wah triknya oke banget Mas Bass
pasti hasilnya akan effecktif deh bisa belajar saya dari trick Mas ini
Terima kasih sudah berbagi salam sukses selalu :)

Wah... Hasilnya bagus Sob!

Sukses slalu untk adminya.

Keren-keren gambarnya...

follow blog saya ya sob
http://infoejaman.blogspot.com

Belajar dari sini buat trik kamera...ingin seperti seperti ini tapi kok masih kurang bisa

sama-sama mas, terimakasih & sukses kembali buat Mas Saud

terimakasih & sukses kembali buat Mas Arif

terimakasih kunjungannya
tapi ngomong" udah bayar berapa ini, pake pasang sponsor blog di sini? hehe

wah kok bisa bagus-bagus getu ya mas gambar nya. Bener-bener kreatif dan mempnyai daya estetika yang tinggi :)

ya gak bagus-bagus amat sih mbk, cuma lumayan aja dari pada gak. hehe

Photo no. 1 dan 4 apik tenan je....salam kenal

hehe podo-podo, salam kenal juga.

komposisinya pas ya mas.. hasilnya pun kerenn.. :)

emang menu masakan ya, pake komposisi segala. hehee

selamat malam mas...kunjungan perdana ni...
wow keren sekali mas tekniknya, sejujurnya saya ingin sekali belajar fotografi...dan andai punya kamera yg lebih canggih daripada cuma sekedar kamera hape hehe *malah curhat

Hasilnya memang keren sob, udah kayak fotografer prof kayaknya nih :D

Main-main kesini jadi pengen punya kameraa ! >.<

Ini adalah salah satu mata pelajaran di sekolah saya

http://masdidiwirawan.blogspot.com

kalau inin punya kamera, beli dong. hehe
terimakasih kunjungannya mas.

awas mbk Ranii ngiler lho, makanya cptan beli kamera. hehe

menggunakan diafrgma akan mempercantik hasil jepretan kan yaa? hemm

tergantung suasananya juga sih mbk..

kalau yang ngambil gambar sudah berpengalaman ya hasilnya jadi bagus seperti itu :)

tentunya mengambil gambar juga perlu kreatif ya.. baru hasilnya cantik..

Seperti di ajak keliling museum gunung merapi di daerah Yogyakarta.he,, he,, he,,,,

Salam,

heehe terimakasih. salam kembali..

Trimakasih tipsnya rencananya hari ini akan saya coba, silahkan mampir ke canonianid.wordpress.com disana saya juga membagi beberapa dasar foto serta hasil jepretan saya


EmoticonEmoticon