Cara mencerahkan foto yang gelap, mengetahui penyebab foto gelap dan mengetahui cara mencerahkannya


Cara Mencerahkan Foto Yang Gelap
foto oleh Bas_Studio

Cerah dan Gelap adalah dua sifat yang selalu berdampingan yang juga merupakan suatu pilihan bagi kita. Cerah biasanya menandakan hal yang indah dan Gelap biasanya menandakan hal yang jelek, tapi perlu diketahui bahwa tidak semua yang gelap itu jelek dan tidak semua yang cerah itu indah, kedua sifat ini wajar - wajar saja selama keduanya tidak berlebihan. Cerah bisa juga jadi jelek kalau terlalu cerah dan gelap terkadang juga bisa tampak indah kalau tidak terlalu gelap. Kita berhak memilihnya sesuai dengan kesukaan kita masing - masing, tapi saya yakin kita semua tidak suka yang berlebihan, iya kan? hehe

Dari dua foto di atas, gelapkah atau yang terang? saya tidak tau mana yang teman - teman sukai karena setiap individu tidak sama dalam hal kesukaan. Namun di sini saya akan mencoba memberikan cara mencerahkan foto yang gelap bagi teman - teman yang tidak suka foto gelap. Sering kita jumpai setiap kali hasil jepretan yang kita lakukan itu tidak sama hasilnya, ada kalanya cerah dan terkadang juga gelap. Nah sebelumnya di sini coba mari kita evaluasi dulu kenapa foto kita bisa gelap? 

Banyak faktor yang menyebabkan foto jadi gelap diantaranya adalah  :

Tempat atau obyek yang gelap, foto yang gelap biasanya dihasilkan karena pengambilan foto dilakukan dalam tempat yang gelap, ini sangat berpengaruh sekali, dengan adanya cahaya yang kurang memadai dan kemampuan kamera yang terbatas otomatis foto yang kita dapatkan hasilnya gelap.

Setingan kamera yang kurang pas, lagi - lagi setingan kamera? iya, memang setingan kamera adalah faktor utama penentu hasil foto kita, pandai tidaknya kita menyeting kamera itu juga sangat berpengaruh pada hasil jepretan kita. Tempatnya sudah gelap setingan kamera pun kurang pas lengkap sudah deh gelapnya foto kita. hehe 

Setelah kita mengetahui penyebab foto jadi gelap maka langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah menghindarinya, misalnya dengan mencari tempat yang tidak terlalu gelap atau menyeting kamera dengan olah pencahayaan yang cukup jika dalam suasana tempat yang gelap. Tapi jika hasil foto kita masih gelap juga atau teman - teman sudah terlanjur punya foto yang gelap dan ingin mencerahkannya  kita bisa mengolahnya dengan photoshop.

Adapun langkah - langkah mencerahkan foto yang gelap dengan photoshop sebagai berikut :

1. buka photoshop yang teman - teman punya

2. klik file kemudian klik open dan pilih foto yang akan dicerahkan

3. klik image lalu klik adjustments, pilih level atau juga bisa pilih curvers

4. setelah masuk dalam kolom level / curvers silahkan geser diagram level sesuai keinginan teman - teman.

5. klik file silahkan save. selesai sudah 

Ini adalah langkah - langkah dasar dalam photoshop, adapun pengembangannya bisa teman - teman pelajari sendiri. Paling tidak dengan langkah - langkah di atas, foto yang tadinya gelap dapat kita cerahkan sesuai keinginan kita. 

 

Demikian sedikit yang bisa saya berikan untuk teman - teman tentang  

Cara Mencerahkan Foto Yang Gelap  

Semoga di tahun 2014 masa depan kita tidak kalah cerahnya dengan foto kita.

Terima Kasih, Salam Sukses Selalu 


logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

9 comments:

  1. ternyata foto yg gelap bisa dibuat terang pakai trik ya mas, hmmm keren jadinya :)
    btw saya tadi komen pertamax di blog ini tapi tiba2 hilang postingan ini, dan sekarang muncul lagi tapi sdh sedikit berbeda ;) diedit lagi ya mas? hmmm :D
    met tahun baru 2014 n semoga bertambah sukses, amin ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbk, selamat tahun baru juga semoga sukses selalu.

      Delete
  2. makasih kang tipsnya, tapi saya belum punya aplikasi photoshopnya :(

    ReplyDelete
  3. wah ternyata bisa juga ya mas foto gelap dibikin cerah. cocok banget nich kalau pas saya punya foto, terus di cerahkan lagi, biar terlihat bening foto nya hehehe :D
    tapi saya nggak bisa mengoperasikan program photoshop nih hmmmm :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe.. soal photoshop udah saya rencanakan untuk membuat panduan penggunaannya. nantikan & jangan pernah lewatkan belajar photoshop bersama saya. hehe

      Delete
  4. ahh bener, pas niih buat mencerahkan foto saya yang gelaap :D

    ReplyDelete